Domain Name Server (DNS), Tentang Domain

Nama domain (domain name) adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Nama domain berfungsi untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai IP address. Nama domain ini juga dikenal sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs web seperti contohnya "wikipedia.org". Nama domain kadang-kadang disebut pula dengan istilah URL, atau alamat website.

DNS Server atau Name server adalah sebuah sistem yang menyimpan informasi tentang nama host maupun nama domain dalam bentuk basis data tersebar (distributed database) di dalam jaringan komputer, misalkan: Internet. DNS menyediakan alamat IP untuk setiap nama host dan mendata setiap server transmisi surat (mail exchange server) yang menerima surat elektronik (email) untuk setiap domain.

DNS Client atau DNS resolver adalah sebuah program klien yang berjalan di komputer pengguna, yang membuat permintaan DNS dari program aplikasi.

Dns Forward berfungsi untuk mengalihkan semua permintaan nama domain maupun IP dari klien ke DNS server lain.

DNS Forward and cache berfungsi untuk mengalihkan sekaligus menyimpan nama domain ke database, yang pernah diminta oleh client secara sementara.

Dalam DNS server ada istilah zone record:
NS record berfungsi untuk mendefinisikan server DNS untuk sebuah zone
A record berfungsi untuk mendefinisikan alamat IP dari sebuah host.
CNAME record berfungsi untuk mendefinisikan nama alias sebuah host
MX record berfungsi untuk mendefinisikan host yang berfungsi sebagai email server sebuah zone, sehingga setiap email yang ditujukan zone ini akan langsung diarahkan ke email servernya.
PTR record memiliki fungsi yang berkebalikan dengan A record, yaitu berfungsi mendefinisikan alamat IP ke nama host. PTR record untuk IP public biasanya di tuliskan oleh ISP.

Untuk penjelasan lainnya dapat anda baca sumber URL di bawah ini.

Source:
http://id.wikipedia.org/wiki/Nama_domain
http://id.wikipedia.org/wiki/DNS
Other Source:
google.com

Untuk domain .co, .net, .org, etc harus daftar dan beli dulu.
tp kalo untuk server intranet atau Local kaga.
Untuk domain gratis sbnernx byk. klo aq pke http://www.co.cc

Ohya untuk hosting gratisan bisa pake http://www.000webhost.com/ataw bisa juga di :http://www.110mb.com/

info by : http://forum.indo-onlines.com/

Comments

Popular posts from this blog

Antivirus gratis khusus Flashdisk dan Media berbasis USB

Cara Mudah Membuat Situs dengan CMS